Kepala BPN Jaktim Sudarman Harjasaputra Dicopot Buntut Istri Flexing

Kepala BPN Jaktim Sudarman Harjasaputra

Jakarta,MetroLimaTV.com  – Kementerian ATR/BPN mengumumkan pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sudarman Harjasaputra telah copot dari jabatannya. Keputusan itu merupakan putusan pemeriksaan dari Inspektorat Jenderal Kementerian ATR/BPN melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Untuk memudahkan proses pemeriksaan yang dilakukan, yang bersangkutan telah dibebastugaskan dari jabatan,” ungkap Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, Rabu (22/03/2023).

Seperti diketahui, Sudarman Harjasaputra merupakan Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Timur. Ia viral karena istrinya diduga kerap memamerkan kekayaannya atau gaya hidup mewah di media sosial. Harta kekayaannya pun juga menjadi sorotan.

Sudarman dan istri Selasa (21/3) kemarin telah memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan itu diketahui juga berkaitan dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang ia miliki.

Pencopotan juga dilakukan untuk memudahkan proses pemeriksaan yang masih berlangsung. “Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terbuka dan menghormati proses pemeriksaan yang berlangsung,” jelasnya.

Berkaitan dengan gaya hidup mewah, Menteri ATR/Kepala BPN mengimbau kepada jajarannya dan keluarga, agar jangan ada lagi pejabat yang memamerkan kekuasaan, kekayaan, dan bermewah-mewahan.

“Pak Menteri juga meminta agar jajaran Kementerian ATR/BPN dapat membudayakan pola hidup sederhana, dimulai dari diri sendiri dan keluarga,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kepala BPN Jakarta Timur Sudarman Harjasaputra memenuhi panggilan KPK Selasa (21/3). Sudarman akan dimintai klarifikasi terkait laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Keduanya menjalani klarifikasi sekitar 10 jam di Direktorat LHKPN KPK. Sudarman dan istrinya mulai diklarifikasi sekitar pukul 09.00 WIB. Klarifikasi terhadap harta mereka selesai sekitar pukul 19.00 WIB.

“Semua data dan fakta telah saya sampaikan,” kata Sudarman saat keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/3).

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Sudarman tercatat memiliki harta kekayaan bersih sebanyak Rp 14,7 miliar. Kekayaannya itu didominasi dengan aset tanah dan bangunan Rp 13,99 miliar. Gun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *