KASAD Resmikan Pengoperasian TNI AD Manunggal Air Bersih

Bengkayang – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc, resmikan program Manunggal Air Bersih,di Jl.Dwikora,Desa Jagoi,Dusun Jagoi babang

Kec.Jagoi Babang,Kab.Bengkayang,ini merupakan salah satu langkah dilakukan untuk menuntaskan Stunting karena dengan tersedianya air bersih maka pola hidup masyarakat juga akan menjadi sehat.

Kamis (25/1/24).

Dalam sambutannya KASAD menyampaikan, beberapa tahun terakhir terjadi krisis air di beberapa wilayah di Indonesia karena air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakat dan menjadi permasalahan yang harus mendapatkan penanganan yang secara efektif.

 

Melihat situasi seperti ini, sehingga ada program yang cemerlang digalakkan melalui TNI Angkatan Darat manunggal air hingga pembangunan pompa hidran secara tersebar dan serentak di pulau Indonesia,semoga dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Semoga dengan terpenuhinya kebutuhan air di wilayah juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian masyarakat,” jelas Kasad.

 

Program ini akan terus dilaksanakan secara menyeluruh di berbagai daerah yang kesulitan akses air bersih di seluruh Indonesia.

 

Kodim 1209/Bky sebagai pelaksana, sumur bor ini memang menjadi salah satu prioritas utama yang harus dibangun mengingat desa Jagoi Babang sulit mendapatkan air bersih.

 

Dandim 1209/Bky Letkol Inf Albertinus Mariano S.E, menuturkan saat meninjau langsung pembuatan sumur bor ini adalah prioritas utama yang harus dikerjakan oleh para babinsa ini program unggulan bapak KASAD,yaitu program Manunggal Air Bersih, kemudian bila kita melihat kondisi warga Desa Jagoi babang disini, susah mendapatkan air bersih, tanah disini tanah gambut sehingga harus dibor pada kedalaman tertentu sampai mendapatkan air yang layak untuk dikomsumsi.

 

Program ini merupakan wujud nyata kehadiran TNI-AD menjadi solusi di tengah masyarakat yang mengalami krisis air bersih dalam kehidupan sehari-hari.

 

Masyarakat secara gotong royong bersama anggota koramil 1209-07/Jagoi Babang,mengerjakan pembuatan sumur bor ini, walaupun memang ada tenaga ahlinya dan membutuhkan alat khusus untuk mengebor masuk kedalam tanah, namun ada pekerjaan lain yang ada disekitar sumur bor yang harus dikerjakan seperti pembuatan tower,tandon air dan sumur bor

tempat dudukan tedmon, lantainya dan ruangan untuk tempat penampungan dan lain- lain.

 

Salah satu warga yakni bpk Doni (53),mengatakan bahwa selama ini kami menampung air hujan untuk kami gunakan memasak dan untuk diminum, sementara untuk mandi nyuci kami ke sungai yang airnya juga keruh karena tanahnya tanah gambut.

 

Atas nama warga, kami mengucapkan terimakasih kepada TNI Angkatan Darat melalui Kodim 1209/Bky yang sudah mau membuatkan kami sumur bor, mudahan airnya bagus dan bersih bisa kami gunakan bersama,dengan keberadaan sumur bor ini, akan semakin mempermudah kami dalam mengakses air bersih, dan warga tidak mengalami kesulitan air lagi,semoga tetap solid dalam membangun bangsa yg besar ini.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut

KASAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak M.Sc, Ibu Ketua Umum Persit KCK Ny. Paulina Pandjaitan, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan SE, M.M,Ibu Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr Ny. Beti Iwan Setiawan,Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto S.I.K, M.H,Bapak Tandean Rustandy (Direktur Utama PT Arwana Citramulia Tbk),Asops Kasad

Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.M. beserta Istri,Aster Kasad Mayjen TNI Joko Hadi Susilo, S.I.P. beserta Istri,Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi S.Sos,MS.i,Asops Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Ferdial Lubis, MPICT,Aster Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Ruddy Trenggono.

Agus maharona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *