Sebanyak 493 Siswa Ikuti Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Jawa Barat

BANDUNG – Sebanyak 493 siswa dari berbagai SMK di Jawa Barat mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Acara tahunan ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Wahyu Mijaya, di SMKN 2 Bandung pada Senin (13/5/2024).

Para peserta yang berasal dari 27 kabupaten/kota akan berkompetisi dalam 27 mata lomba yang digelar di enam SMK di Kota Bandung dan satu SMK di Kota Cimahi. Kompetisi ini berlangsung dari 13 hingga 16 Mei 2024.

Kompetisi Bentuk Karakter Siswa

Kadisdik Wahyu Mijaya menjelaskan bahwa ajang seperti LKS tidak hanya soal menang atau kalah, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter siswa. “Kompetisi ini memberikan ruang bagi siswa untuk membentuk jati diri yang kuat, tidak hanya dalam lomba tetapi juga dalam kehidupan di masa kini dan mendatang,” katanya.

Wahyu menambahkan bahwa menjadi juara tidak akan bermakna tanpa memahami arti disiplin, sportivitas, kejujuran, dan karakter baik lainnya. “Piala mungkin akan berdebu, piagam kemenangan bisa hilang, tetapi karakter yang baik akan terus tumbuh dan selalu menang,” tegasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru pembimbing yang telah mendampingi siswa hingga menjadi yang terbaik di kabupaten/kota masing-masing.

Mendorong Kreativitas dan Kolaborasi

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Edy Purwanto, menambahkan bahwa LKS bertujuan untuk menciptakan platform bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka, merangsang semangat belajar, kreativitas, serta kolaborasi antara sekolah, industri, dan pemerintah. “LKS juga mempromosikan pendidikan kejuruan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain diikuti oleh 493 siswa, LKS tahun ini juga melibatkan 429 pembimbing, 81 juri, dan 27 ketua kontingen. Para juara pertama di tingkat provinsi akan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional yang akan diadakan pada September 2024 di Lampung.

Pembukaan LKS

Pembukaan LKS juga dihadiri oleh Ketua Tim Kerja Penjaminan Mutu Peserta Didik dan Tata Kelola Direktorat SMK Mendikbudristek, Eru Ahmad Sutaman, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Ai Nur Hasan, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Berikut adalah tujuh sekolah penyelenggara lomba beserta mata lomba yang dilaksanakan:

– SMKN 2 Bandung: CNC Milling, CNC Turning, Mechanical Engineering CAD, Web Technologies, Cloud Computing

– SMKN 4 Bandung: IT Network Systems Administration, IT Software Solutions for Business, Information Network Cabling, Electronics

– SMKN 6 Bandung: Electrical Installations, Automobile Technology, CAD Building, Plastic Die Engineering, Landscape and Gardening

– SMKN 8 Bandung: Autobody Repair, Refrigeration and Air Conditioning

– SMKN 9 Bandung: Graphic Design Technology, Fashion Technology, Hotel Reception, Restaurant Service, Patisserie and Confectionery

– SMKN 15 Bandung: Health and Social Care

– SMKN 1 Cimahi: Cyber Security, Industrial Control, Mechatronics, Mobile Robotics

(Naufal Zuhdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *